PT Bank Central Asia, Tbk. (“BCA”) merupakan perusahaan bank swasta nasional dengan kedudukan kantor pusat di Jalan Jenderal Sudirman kav. 22-23, Jakarta. Dalam laporan tahunan tahun 2005 (kondisi per 31 Desember 2005) disebutkan BCA telah memiliki kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 772 cabang dan 2 kantor perwakilan luar negeri (Hongkong dan Singapura).
BCA didirikan di negara Republik Indonesia pada tanggal 10 Agustus 1955 No. 38 dengan nama “N.V. Perseroan Dagang Dan Industrie Semarang Knitting Factory”. BCA mulai beroperasi di bidang perbankan sejak tanggal 12 Oktober 1956. Selama beroperasi BCA mengalami beberapa kali perubahan nama sampai akhirnya pada tanggal 21 Mei 1974 menjadi PT Bank Central Asia.
Salah satu kejadian penting dalam sejarah BCA adalah pada tahun 1997 ketika terjadi krisis ekonomi di Indonesia. Krisis ekonomi tersebut mempengaruhi aliran dana tunai BCA dan bahkan sempat mengancam kelanjutan perusahaan. Dikarenakan kepercayaan masyarakat terhadap dunia perbankan menurun, banyak nasabah menjadi panik lalu beramai-ramai menarik dana mereka. Akibatnya, BCA terpaksa harus meminta bantuan dari pemerintah.
Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) pada tanggal 28 Mei 1998 mengambil alih operasi dan manajemen BCA. Sesuai dengan keputusan tersebut, status BCA diubah menjadi Bank Taken Over (BTO) dan status ini berakhir pada tanggal 28 April 2000.
Setelah masa restrukturisasi selesai, pada bulan Mei 2000, Anggaran Dasar BCA mengalami perubahan sehubungan dengan Penawaran Umum Perdana saham. Kondisi ini mengubah status BCA menjadi perusahaan terbuka dan nama bank menjadi PT Bank Central Asia Tbk. BCA menawarkan 22% dari modal saham yang ditempatkan dan disetor, sebagai bagian dari divestasi pemilikan saham Republik Indonesia yang diwakili oleh BPPN. Selanjutnya penawaran saham ke dua dilaksanakan di bulan Juni dan Juli 2001, dengan BPPN mendivestasikan 10% lagi dari saham miliknya di BCA. Di tahun 2002, BPPN melepas 51% dari sahamnya di BCA melalui tender penempatan privat yang strategis. Farindo Investment, Ltd., yang berbasis di Mauritius, memenangkan tender tersebut.
Visi BCA
“Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia ”
Dengan visi tersebut BCA bercita-cita menjadi Bank pilihan utama di Indonesia. Bank mengharapkan kegiatan perbankan yang ditawarkan dapat memberikan service excellence dan pengalaman yang baik kepada nasabah. Hal ini harus diwujudkan dalam bentuk kesiapan prasarana, sistem dan prosedur, kemampuan sumber daya manusia dan budaya perusahaan. BCA diharapkan dapat menjadi bank yang memiliki brand awareness, brand loyaltydan brand recommendation yang tinggi dalam pandangan nasabah.
Misi BCA
Untuk mencapai visi tersebut di atas, maka ditetapkan misi perusahaan sebagai berikut.
- Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan
- Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah
- Meningkatkan nilai francais (franchise value) dan nilai stakeholder.
Dalam menjalankan kompetensi bisnisnya, BCA merancang bidang usaha berdasarkan konsep Strategic Business Unit (SBU). Konsep ini memungkinkan bank untuk dapat lebih fokus pada jenis produk dan jasa yang ditawarkannya. BCA mengelompokkan kegiatan perbankan ke dalam tiga kelompok besar yaitu Bisnis Perbankan Konsumer, Bisnis Kredit, serta Bisnis Tresuri dan Internasional. Ketiga bisnis lini tersebut didukung oleh unit-unit Pengendali Risiko serta Pendukung Korporasi.
STRUKTUR ORGANISASI
BCA memiliki kurang lebih 25.073 karyawan, dan ada 25 divisi di PT Bank Central Asia Tbk. Sebagaimana tertuang dalam Manual Tata Kelola Perusahaan dan Anggaran Dasar BCA, dalam menjalankan usahanya BCA dipimpin oleh Dewan Komisaris dan Direksi, yang mengemban amanat untuk melaksanakan fungsi pengawasan dan manajemen BCA. Struktur organisasi BCA secara lengkap dapat dilihat pada gambar berikut:
Diagram diatas merupakan struktur organisasi secara menyeluruh di PT Bank Central Asia, sedangkan untuk struktur organisasi di Kantor cabang secara umum adalah sebagai berikut:
Kepala KCU
Kepala BCA PRIO
Kabag Teller / CSO
- Mengawasi dan mengevaluasi kinerja karyawan di cabang.
- Memberikan laporan nilai dan pengukuran kinerja pegawai ke kantor pusat
- Bertanggung jawab kepada pimpinan pusat.
- Mempunyai wewenang tertinggi dalam pengambilan keputusan.
- Mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan masing-masing bagian yang ada dalam perusahaan
- Memiliki kewajiban untuk mengelola bisnis dan kemajuan cabang.
- Berperan dalam pengambilan keputusan dalam hal bisnis cabang
- Memonitor dan mengontrol terlaksananya operasional bank.
- Menjalankan fungsi kepemimpinan pada bagian operasional.
- Menyusun rencana kerja atau anggaran di bidang operasional.
- Melaksanakan program kerja berdasarkan rencana anggaran kantor.
Bertugas unutk melihat dan membenarkan mengenai berkas - berkas yang ada di BCA sesuai dengan ketentuan yang berlaku
- Bertugas untuk menghandle nasabah prioritas.
- Dan mengembangkan bisnis cabang dalam hal yang melibatkan nasabah prio.
- Serta menjaga Customer Enggagement antara BCA dengan nasabah prio.
- Memiliki tugas untuk mengatur langsung kinerja frontliner.
- Bertugas untuk membuat acara di cabang agar terciptanya Service Quality dan Customer Enggagement yang baik terhadap customer atau nasabah
Kabag Teller / CSO
- Memiliki peran untuk mengambil keputusan di teller/cso
- Membawahi team teller/ team cso
- Memiliki kewajiban untuk memberikan penilaian dan pengarahan pada team teller/ team cso
HUBUNGAN KERJA ANTAR FUNGSI BISNIS
Setiap bagian didalam perusahaan ini berperan penting dalam kegiatan operasional perusahaan, Dimulai dari cso dan teller yang mencari nasabah dimana hal tersebut akan menumbuhkan nasabah baru yang akan menunjang kemajuan bisnis cabang. Setelah terdapat nasabah baru kabang prioritas mendekati untuk mengajak nasabah tersebut masuk dan ikut menjadi nasabah prioritas. Dengan beralihnya nasabah tersebut yang semula hanya nasabah reguler kemudian berpindah jadi prioritas, itu menguntungkan untuk cabang. Kemudian setelah menjadi prioritas KPBC dapat menawarkan berbagai macam solusi kredit, asurasi, serta program-program lain pada nasabah tersebut, sehingga menambah profit cabang. Setelah itu Kepala KCU dapat melaporkan profit cabang yang semakin bertambah pada kantor pusat.
JENJANG KARIR PADA PT BCA TBK
BCA sendiri memiliki jenjang karir yang bermacam- macam diantaranya
- Magang bakti
- AO dan PAO
- Staff
- Program Junior Business Analyst (IT)
- PPA dan PPTI
Dimana prosedur pekerjaan akan ada tersendiri untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website : https://karir.bca.co.id/peluang-karir/magang/
PRODUK - PRODUK BCA
PRODUK DAN LAYANAN BCA
Proses penyempurnaan yang berkelanjutan memastikan BCA dalam menyediakan layanan yang terbaik bagi nasabah, memenuhi kebutuhan finansial nasabah yang terus berkembang, serta selalu terdepan memanfaatkan perkembangan teknologi terkini.
* Produk Simpanan
Tahapan
Tahapan Gold
Tahapan Xpresi
Tahapan Berjangka
Tapres
TabunganKu
Giro
Deposito Berjangka
BCA Dollar
Simpanan Pelajar
LAKU
* Kartu Kredit
BCA Card
BCA MasterCard
BCA VISA
* Fasilitas Kredit
Kredit Pemilikan Rumah
Kredit Kendaraan Bermotor
Kredit Modal Kerja
Kredit Sindikasi
Kredit Ekspor
Kredit Investasi
Distributor Financing
Supplier Financing
Dealer Financing
Warehouse Financing
Showroom Financing
Investment Financing
Trust Receipt
* Layanan Transaksi Perbankan
Auto debit
Safe Deposit Box
Transfer
Remittance
Bank Notes
Collection & Clearing
Traveller's Cheque
BCA Virtual Account
Open Payment
Payroll Services
Cash Pick Up
Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN G2) – pembayaran pajak dengan sistem e-billing
STRATEGI MARKETING BANK BCA
Bank BCA tumbuh sangat pesat saat ini, banyak produk yang ditawarkan kepada masyarakat dan banyak pula masyarakat yang menyukai produk tersebut. Salah satu bank yang menduduki urutan tertinggi di Indonesia ini berhasil mendapatkan nasabah yang cukup banyak dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik dan juga strategi pemasaran yang tepat.
Bank BCA menerapkan strategi pemasaran yang sangat kreatif dan juga lebih inovatif. Dengan strategi pemasaran yang tepat inilah bank BCA mendapatkan banyak penghargaan sebagai bank terbesar dan terbaik di Indonesia. Bank ini memiliki banyak keunggulan, terutama dalam hal teknologi atau sistem infomasi yang digunakan.
Berikut beberapa strategi pemasaran bank BCA yang mengantarkannya menjadi sukses:
1. Pelayanan terbaik dan terdepan
Dalam hal pelayanan baik dilakukan secara offline dan online, bank BCA selalu memberikan yang terbaik. Pelayanan yang dilakukan di kantor cabang di seluruh Indonesia dilakukan dengan cukup baik.
Mulai dari petugas parkir yang cukup ramah, security dan semua staff bank yang professional dan memberikan kenyamanan pada konsumen. Jika konsumen mendapatkan kenyamanan dan kepuasan maka mereka akan senang menggunakan jsa perbankan di BCA. Strategi memberikan kepuasan dan kenyaman pada konsumen inilah yang turut menjadikan BCA tumbuh menjadi bank yang besar dan kuat.
2. Layanan terbaik dengan teknologi modern
Bank BCA dikenal sebagai bank yang memberikan layanan electronik money yang sangat memuaskan bagi pelanggannya. Ada cukup banyak layanan yang diberikan oleh BCA yang digabungkan dengan teknologi modern saat ini. Teknologi yang serba canggih dari bank ini memberikan kemudahan bagi pelanggan mereka.
Beberapa produk yang dimiliki bank BCA yang dikombinasikan dengan tenologi modern diantaranya adalah klik BCA dan BCA Mobile yang digunakan untuk akses perbankan secara elektronik. BCA menghadirkan fasilitas pembayaran dan pembelian secara online melalui ATM pada hatun 1996 dan menjadi bank online pertama di Indonesia Berbagai kemudahan layanan tersebut membuat masyarakat cenderung memilih BCA.
3. Promosi yang besar-besaran
Gebyar BCA adalah salah satu promosi yang dilakukan oleh bank BCA untuk menarik lebih banyak konsumen di Indonsia. BCA tidak tanggung-tanggung melakukan promosi besar baik berupa iklan, even promo, kerjasama dan juga program yang besar seperti Gebyar BCA. Dengan promosi tersebut masyarakat akan semakin antusias menggunakan layanan BCA padalah pada awalnya mungkin mereka hanya tertarik pada hadiah yang diberikan BCA.
4. Kerjasama dengan pihak lain
Bank BCA menggunakan strategi promosi dengan menggandeng beberapa perusahaan atau organisasi di Indonesia untuk pemasaran produk dan meningkatkan brand mereka. Dengan kerjasama tersebut maka akan membuat banyak orang tertarik untuk menjadi nasabah BCA.
STRATEGI MARKETING BANK BCA
Bank BCA tumbuh sangat pesat saat ini, banyak produk yang ditawarkan kepada masyarakat dan banyak pula masyarakat yang menyukai produk tersebut. Salah satu bank yang menduduki urutan tertinggi di Indonesia ini berhasil mendapatkan nasabah yang cukup banyak dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik dan juga strategi pemasaran yang tepat.
Bank BCA menerapkan strategi pemasaran yang sangat kreatif dan juga lebih inovatif. Dengan strategi pemasaran yang tepat inilah bank BCA mendapatkan banyak penghargaan sebagai bank terbesar dan terbaik di Indonesia. Bank ini memiliki banyak keunggulan, terutama dalam hal teknologi atau sistem infomasi yang digunakan.
Berikut beberapa strategi pemasaran bank BCA yang mengantarkannya menjadi sukses:
1. Pelayanan terbaik dan terdepan
Dalam hal pelayanan baik dilakukan secara offline dan online, bank BCA selalu memberikan yang terbaik. Pelayanan yang dilakukan di kantor cabang di seluruh Indonesia dilakukan dengan cukup baik.
Mulai dari petugas parkir yang cukup ramah, security dan semua staff bank yang professional dan memberikan kenyamanan pada konsumen. Jika konsumen mendapatkan kenyamanan dan kepuasan maka mereka akan senang menggunakan jsa perbankan di BCA. Strategi memberikan kepuasan dan kenyaman pada konsumen inilah yang turut menjadikan BCA tumbuh menjadi bank yang besar dan kuat.
2. Layanan terbaik dengan teknologi modern
Bank BCA dikenal sebagai bank yang memberikan layanan electronik money yang sangat memuaskan bagi pelanggannya. Ada cukup banyak layanan yang diberikan oleh BCA yang digabungkan dengan teknologi modern saat ini. Teknologi yang serba canggih dari bank ini memberikan kemudahan bagi pelanggan mereka.
Beberapa produk yang dimiliki bank BCA yang dikombinasikan dengan tenologi modern diantaranya adalah klik BCA dan BCA Mobile yang digunakan untuk akses perbankan secara elektronik. BCA menghadirkan fasilitas pembayaran dan pembelian secara online melalui ATM pada hatun 1996 dan menjadi bank online pertama di Indonesia Berbagai kemudahan layanan tersebut membuat masyarakat cenderung memilih BCA.
3. Promosi yang besar-besaran
Gebyar BCA adalah salah satu promosi yang dilakukan oleh bank BCA untuk menarik lebih banyak konsumen di Indonsia. BCA tidak tanggung-tanggung melakukan promosi besar baik berupa iklan, even promo, kerjasama dan juga program yang besar seperti Gebyar BCA. Dengan promosi tersebut masyarakat akan semakin antusias menggunakan layanan BCA padalah pada awalnya mungkin mereka hanya tertarik pada hadiah yang diberikan BCA.
4. Kerjasama dengan pihak lain
Bank BCA menggunakan strategi promosi dengan menggandeng beberapa perusahaan atau organisasi di Indonesia untuk pemasaran produk dan meningkatkan brand mereka. Dengan kerjasama tersebut maka akan membuat banyak orang tertarik untuk menjadi nasabah BCA.
Komentar
Posting Komentar